Rabu, 03 Oktober 2012

Pengertian SIA


SIA adalah singkatan dari “Sistem Informasi Akuntansi” dan sebelum kita ke pengertian SIA lebih baik kita mengerti dulu apa itu arti dari kata – katanya masing – masing.
yang pertama adalah :
SISTEM
Adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama.
Sistem memiliki elemen yang tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen yang sama tapi memliki suatu susunan dasar.
Sistem memliki jenisnya yaitu :
 Sistem Lingkaran Terbuka adalah sistem yang tidak mempunyai elemen mekanisme kontrol, dan tujuan.

Sistem Lingkaran Tertutup adalah sistem yang disertai oleh adanya elemen mekanisme kontrol dan tujuan.

Sistem juga memliki sifat yaitu :
Sistem Terbuka : yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumberdaya.
Sistem Tertutup : yang sama sekali tidak berhubungan dengan lingkungannya.
Bentuk sistem :
Sistem Fisik : yang terdiri dari sejumlah sumber daya fisik

Sistem Konseptual : yang menggunakan sumberdaya konseptual (data dan informasi) untuk mewakili suatu sistem fisik.

Sekarang kita beralih ke selanjutnya, yaitu :
INFORMASI
Adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat
Informasi itu sendiri memiliki tingkatan kualitasnya bagi peberi & penerima yang tergantung dari 3 hal, yaitu :
 Akurat : berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan masudnya.
·             
Tetap pada waktunya : berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
·             
Relevan : berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
Dan beralih ke bagian akhir kata yaitu :
AKUNTANSI
Adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan. Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang arti menghitung atau mempertanggungjawabkan.
Maka definisi dari
“Sistem informasi Akuntansi”
Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar