SIA adalah singkatan
dari “Sistem Informasi Akuntansi” dan sebelum kita ke
pengertian SIA lebih baik kita mengerti dulu apa itu arti dari kata – katanya
masing – masing.
yang
pertama adalah :
SISTEM
Adalah
sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama.
Sistem memiliki elemen yang tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen yang sama tapi memliki suatu susunan dasar.
Sistem memiliki elemen yang tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen yang sama tapi memliki suatu susunan dasar.
Sistem
memliki jenisnya yaitu :
Sistem Lingkaran Terbuka adalah sistem yang
tidak mempunyai elemen mekanisme kontrol, dan tujuan.
Sistem Lingkaran Tertutup adalah sistem yang disertai
oleh adanya elemen mekanisme kontrol dan tujuan.
Sistem
juga memliki sifat yaitu :
Sistem
Terbuka : yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumberdaya.
Sistem
Tertutup : yang sama sekali tidak berhubungan dengan lingkungannya.
Bentuk
sistem :
Sistem Fisik : yang terdiri dari sejumlah sumber daya
fisik
Sistem Konseptual : yang menggunakan sumberdaya konseptual
(data dan informasi) untuk mewakili suatu sistem fisik.
Sekarang
kita beralih ke selanjutnya, yaitu :
INFORMASI
Adalah
data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan
dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat
Informasi
itu sendiri memiliki tingkatan kualitasnya bagi peberi & penerima yang
tergantung dari 3 hal, yaitu :
Akurat : berarti informasi harus bebas dari
kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti
informasi harus jelas mencerminkan masudnya.
·
Tetap pada waktunya : berarti informasi yang datang
pada penerima tidak boleh terlambat.
·
Relevan : berarti informasi tersebut menpunyai manfaat
untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang
lainnya berbeda.
Dan
beralih ke bagian akhir kata yaitu :
AKUNTANSI
Adalah
suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan
data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat
digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan
suatu keputusan. Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang arti
menghitung atau mempertanggungjawabkan.
Maka
definisi dari
“Sistem
informasi Akuntansi”
Suatu
komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah,
menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan
yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.
Dikutip dari http://henrylifegate.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar